Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA SMA NEGERI 2 TELUK KERAMAT

ELISA, ELISA (2022) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA SMA NEGERI 2 TELUK KERAMAT. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (526kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Hasil Belajar Siswa Menfggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Dinamika Kependudukan Indonesia SMA Negeri 2 Teluk Keramat”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Konvensional Pada Materi Dinamika Kependudukan Indonesia SMA Negeri 2 Teluk Keramat, Bagaimana Hasil Belajar Siswa Menggunakan Flipped Classroom Pada Materi Dinamika Kependudukan Indonesia SMA Negeri 2 Teluk Keramat, Bagaimana
Pengaruh Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Dinamika Kependudukan Indonesia SMA Negeri 2 Teluk Keramat”.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik observasi dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Teluk Keramat yang terdiri dari satu kelas kontrol
berjumlah 34 orang dan satu kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi yang akan dianalisis secara kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Teluk Keramat. Pada tahap
pengerjaan soal tes yang pertama pada kelas kontrol ketuntasan soal pertama yaitu 58,5 dan ketuntasan soal kedua kelas eksperimen yaitu 59,7. Sedangkan pada tahap pengerjaan soal kedua didapatkan nilai ketuntasan pada kelas eksperimen
86,424 dan kelas kontrol 59,667. Besarnya pengaruh hasil belajar diperoleh dari L = Maks |F(Zi) – S(Zi)| = 0,095. Dalam hal ini berarti Ltabel = Lan= L0,05:30 = 0,154
sehingga Lobs = 0,112 < Ltabel = 0,154. Jadi hasil belajar siswa meningkat dengan kategori tinggi yaitu diatas ketuntasan (kkm 75).

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Dinamika Kependudukan Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:55
Last Modified: 26 Aug 2022 08:55
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item
View Item