HARPINA, HARPINA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBUATAN MEDIA 3 DIMENSI DAN ECOPRINTING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN SMAN 2 NANGA PINOH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (297kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (577kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (803kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (853kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (432kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (472kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kejelasan yang obyektif dan jelas tentang mengetahui pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pembuatan media 3 dimensi dan ecoprinting untuk kemampuan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yang digunakanOne-GroupPrettest-posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA SMAN2 Nanga Pinoh dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian sebelum diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah dengan rata-rata nilai 28,90. Hasil penelitian menunjukan adanya
peningkatan kempuan kreativitas siswa dengan rata-rata 91,21. Berdasarkan uji-T diperoleh nilai =5,432 sedangkan =2,039. Hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa > maka Ha diterimak (Ho ditolak). Hal ini menunjukan bahwa kempuan akhir siswa lebih baik dari pada kempuan awal siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kempuan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas XI MIA SMAN2 Nanga Pinoh.
Kata kunci: PjBL, Kreativitas, Penerapan, Struktur Dan Fungsi Organ Tumbuhan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:36 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2412 |