Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBUATAN MEDIA 3 DIMENSI DAN ECOPRINTING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN SMAN 2 NANGA PINOH

HARPINA, HARPINA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBUATAN MEDIA 3 DIMENSI DAN ECOPRINTING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN SMAN 2 NANGA PINOH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (297kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (577kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (803kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (853kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (432kB)
[thumbnail of DAFTAR   PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (472kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kejelasan yang obyektif dan jelas tentang mengetahui pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pembuatan media 3 dimensi dan ecoprinting untuk kemampuan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yang digunakanOne-GroupPrettest-posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA SMAN2 Nanga Pinoh dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian sebelum diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah dengan rata-rata nilai 28,90. Hasil penelitian menunjukan adanya
peningkatan kempuan kreativitas siswa dengan rata-rata 91,21. Berdasarkan uji-T diperoleh nilai =5,432 sedangkan =2,039. Hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa > maka Ha diterimak (Ho ditolak). Hal ini menunjukan bahwa kempuan akhir siswa lebih baik dari pada kempuan awal siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kempuan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas XI MIA SMAN2 Nanga Pinoh.

Kata kunci: PjBL, Kreativitas, Penerapan, Struktur Dan Fungsi Organ Tumbuhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:36
Last Modified: 08 Mar 2024 03:36
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item
View Item