Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH PENERAPAN METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS

HARY, HARY (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 2. RINGKASAN.pdf] Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf

Download (168kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul "Pengaruh Penerapan Metode Think-Talk-Write
Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Teluk
Keramat Kabupaten Sambas". Masalah khusus dalam penelitian ini yaitu sebagai
berikut: 1) Bagaimanakah Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN
3 Teluk Keramat sebelum diterapkan Metode Think-Talk-Write? 2) Bagaimanakah
Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 3 Teluk Keramat sesudah
diterapkan Metode Think-Talk-Write? 3) Apakah terdapat pengaruh penerapan
Metode Think- Talk-Write terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI
SMAN 3 Teluk Keramat?
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Think-Talk-Write
dengan aspek-aspek 1) guru membagi lembar kerja, 2) peserta didik membaca
masalah dalam Iks dan membuat catatan kecil, 3) diskusi, 4) menyajikan hasil
diskusi kelompok 5) refleksi. Sedangkan varibel terikat dalam pcnelitian ini
adalah keterampilan menulis cerpen dengan aspek-aspek 1) struktur alur, 2)
pengembangan konflik, 3) sudut pandang. Penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian
Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas
XI SMAN 3 Teluk Keramat. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas XI IS1 yang berjumlah 31 siswa yang
terdiri 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik observasi lansung komunikasi lansung dan
pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi,
panduan wawancara dan tes. Untuk menjawab masalah penelitian, dilakukan
analisis data menggunakan rumus presentase dan product moment.
Kesimpulan umum dalam penclitian ini adalah Metode Think-Talk-Write
memberikan pengaruh yang baik terhadap Keterampilan Menulis cerpen Siswa
Kelas XI SMAN 3 Teluk Keramat. Hal ini dapat dilihat dari seperti berikut: 1)
Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 3 Teluk Keramat sebelum
diterapkan Metode Think-Talk-Wrile adalah 68,70 tergolong cukup. 2)
Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 3 Teluk Keramat sesudah
diterapkan Metode Think-Talk- Write adalah 79,67 tergolong baik. 3) Pengaruh
Metode Think-Talk-Write dengan menggunakan uji-t test satu sampel yaitu
t
������
>t
(5,29 >2,7500) . Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan
��

Metode Think-Talk-Write.
Berdasarkan hasil pengelolaan data, dapat pemulis kemukakan beberapa
saran untuk menjadi masukan bagi guru Pendidikan Bahasa Indonesia di SMAN 3
Teluk Keramat sebagai berikut 1) Bentuk pembeląjaran dengan menggunakan
Metode Think-Talk-Write terhadap keterampilan menulis cerpen selama proses
pembelajaran dapat dipergunakan dalam memecahkan masalah membuat siswa
lebih aktif belajar dan menulis dengan baik dan disarankan jika pengajar
menggunakan penerapan ini sebaiknya waktu yang digunakan diatur Seefisien
mungkin, agar bahan ajar yang hendak disampaikan tercapai. 2) Teknik
pembelajaran dengan Metode Think-T'alk-Write pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia dapat dipakai dalam konsep pembelajaran mata pelajaran Bahasa
Indonesia lainnya. 3) Dalam menerapkan metode Think-Talk-Write dengan mata
pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis cerpen sebaiknya memotivasi
siswa agar mereka tidak malu untuk bertanya pada guru ketika tahap bimbingan
belajar dilaksanakan sehingga siswa juga terbiasa mengungkapkan ketidak
pahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan dan agar peserta didik
lebih giat berlatih menulis hingga menjadi terampil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:26
Last Modified: 24 Nov 2020 03:26
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item
View Item