SRIWATI, IBRAHIM and PROF. DR. HAMID, DARMADI, M.Pd and NORSIDI, NORSIDI, M.Pd (2018) PENGARUH PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLETERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XSMA NEGERI 1 NGABANG KABUPATEN LANDAK. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Cover.pdf
Download (202kB)
ABSTRAK (2).pdf
Download (56kB)
Bab I Wati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB)
BAB II.pdf
Download (347kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
BAB IV.pdf
Download (467kB)
BAB V.pdf
Download (81kB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Rata-rata hasil belajar siswa kelas X sebelum diberikan penerapan model pembelajaran example non example di SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak, 2) Rata-rata hasil belajar siswa kelas X setelah diberikan penerapan model pembelajaran example non example di SMANegeri 1 Ngabang Kabupaten Landak, 3) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa diberikan penerapan model pembelajaran example non example pada mata pelajaran geografi Kelas X SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dan bentuk penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru geografi, dan kelas X IIS C SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak yang jumlahnya 36 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan studi dokumenter, dengan alat pengumpul data berupa tes dan dokumen. Hasil penelitian, menunjukkan bahw : 1) Rata-rata hasil belajar siswa kelas X sebelum diberikan penerapan model pembelajaran example non example di SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak tergolong baik, diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 74,50 dan standar deviasi 8,00. 2) Rata-rata hasil belajar siswa kelas X setelah diberikan penerapan model pembelajaran example non example di SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak tergolongsangat baik, terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 81,78 dan standar deviasi 6,66. 3) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran example non example di kelas X SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak. Hal ini dapat terlihat dari hasil uji t dapat diketahui bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t , dimana nilai t hitung sebesar 11,340 sedangkan t tabel tabel 1,667 atau 11,340 > 1,667. Ini berarti H ditolak dan H diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah penerapan model pembearan example non example dengan hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran example non example atau tanpa adanya perlakuan di kelas X SMA Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 07:12 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 07:12 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/602 |