Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MATERI UNSUR PEMBANGUN PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA

RENI, KUSUMAWARDANI and DR.ELVA, SULASTRIANA, M.Pd and MELIA, MELIA, M.Pd (2018) PENGARUH METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP MATERI UNSUR PEMBANGUN PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Reni Kusumawardani 2018, skripsi ini berjudul “Pengaruh Metode Giving Question And Getting Answer Terhadap Materi Unsur Pembangun Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh metode Giving Question And Getting Answer terhadap materi unsur pembangun puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara?”. Sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar materi unsur pembangun puisi sebelum diterapkan metode Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara ?; 2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar materi unsur pembangun puisi sesudah diterapkan metode Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara?; 3) Apakah terdapat pengaruh metode Giving Question and Getting Answer terhadap materi unsur pembangun puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara?.
Tujuan umum dalam penelitian ini untuk mengetahui informasi yang jelas tentang pengaruh metode Giving Question and Getting Answer terhadap materi unsur pembangun puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar materi unsur pembangun puisi sebelum diterapkan metode Question and Getting Answer pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara; 2) Hasil belajar materi unsur pembangun puisi sesudah diterapkan metode Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara; 3) Pengaruh metode Giving Question and Getting Answer terhadap materi unsur pembangun puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Penelitian ini memiliki dua variabel yakni variabel bebas yaitu “metode Giving Question And Getting Answer”; dan variabel terikat yaitu “materi unsur pembangun puisi”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Exsperimental Design dan rancangan penelitian One Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara dengan jumlah siswa 132 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab sub masalah satu dan dua menggunakan rumus mean (rata-rata), dan untuk menjawab sub masalah tiga menggunakan uji t dan effek size. Dari hasil analisis yang diperoleh kesimpulan 1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi pelakuan yaitu diperoleh nilai 60,93 yang dapat dikategorikan kurang. 2) Rata-rata hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode Giving Question And Getting Answer diperoleh nilai yaitu 75,78 yang dapat dikategorikan baik. 3) Terdapat pengaruh metode Giving Question And Getting Answer terhadap materi unsur pembangun puisi dengan menunujukan perolehanhasil uji effek size yaitu 1,61 yang dapat dikategorikan tinggi yang telahditerapkan di kelas X SMA Negeri 1 Seponti Kabupaten Kayong Utara. Berdasarkan hasil uji t bahwa data pretest dan posttest menunjukan data diterima atau Ha diterima sehingga data tersebut dapat dilanjutkan dengan uji T. metode Giving Question And Getting Answer pada materi unsur pembangun puisidapat memberi kemudahan siswa dalam memahami materi ajar selain itu juga dapat menambah kemampuan bertanya maupun menjawab pertanyaan yangdiajukan sesama peserta didik sehingga siswa dilatih untuk lebih berani lagi dalam mengemukakan pemikiran di depan kelas. Dengan demikian metode Giving Question And Getting Answer nantinya dapat dijadikan alternatif pemilihan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:09
Last Modified: 21 Feb 2019 07:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item
View Item