Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI ATMOSFER DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS TAMAN MULIA KABUPATEN KUBU RAYA

FRANSISKUS, YAKOBUS AGUNG (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI ATMOSFER DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS TAMAN MULIA KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (99kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (272kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

Judul Skripsi “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Make A Match Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer Di Kelas X
Sekolah Menengah Atas Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya”. Adapun masalah
umum dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui
model make a match pada mata pelajaran geografi materi atmosfer di kelas X
sekolah menengah atas taman mulia. Tujuan umum dari penelitian ini adalah
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Make A Match Pada
Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer Di Kelas X Sekolah Menengah Atas
Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya. Variabel pada penelitian ini adalah varibel
tindakan yaitu Penggunaan Model Make A Match oleh guru di kelas X Sekolah
Menengah Atas Taman Mulia Kabupaten Kubu Raya dan variabel hasil dalam
penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dari aspek kognitif dengan indikator setelah
diberikan model Make A Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian tindakan kelas dengan bentuk penelitian yaitu penelitian
tindakan kolaboratif. Subjek atau sumber data dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XA yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah 1.Teknik observasi langsung dengan alat pengumpulan
data berupa lembar panduan observasi. 2.Teknik pengukuran dengan alat
pengumpulan data berupa tes. 3.Teknik dokumenter dengan alat pengumpulan
data berupa dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif analisis.
Dalam deskriptif analisis peneliti mencoba untuk menganalisa semua data dari
observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pra tindakan, siklus I dan siklus II
serta pengolahan data maka diketahui terdapat peningkatan hasil belajar siswa
pada penggunaan model Make A Match dengan hasil belajar siswa dari tahap pra
tindakan dengan nilai rata-rata siswa 61,7 , sedangkan pada tahap siklus II nilai
rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,7. Adapun saran dalam
penggunaan model Make A Match, guru memahami tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai kemudian melaksanakan prinsip Make A Match dan melaksanakan
evaluasi pembelajaran pada materi yang telah disampaikan dengan demikian guru
dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 02:42
Last Modified: 29 Apr 2016 03:28
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item