Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMAN 1 SAMALANTAN

SARTIKA, IRA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI SMAN 1 SAMALANTAN. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (180kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (358kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (424kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis Problem Based Learning untuk melatih kemampuan berfikir kritis siswa yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket dan tes. Subjek penelitian kelas XI SMAN
1 Samalantan. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan berdasarkan lembar validasi dan lembar angket, sedangkan keefektifan berdasarkan nilai N-gain pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kevalidan
memperoleh presentase sebesar 86% dengan kriteria valid 2) kepraktisan memperoleh presentase sebesar 81,06% dengan kriteria praktis 3) keefektifan memperoleh nilai N-gain sebesar 0,5 dengan kriteria sedang. Kesimpulan: E�modul berbasis Problem Based Learning yaitu sudah tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berfikir kriti s siswa.

Kata kunci: E-Modul, Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis, Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:36
Last Modified: 08 Mar 2024 03:36
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item
View Item