Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

INVESTIGASI PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA SHALOM BENGKAYANG

ADIT, MARGARETA (2024) INVESTIGASI PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA SHALOM BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK MARGARETA.pdf] Text
ABSTRAK MARGARETA.pdf - Published Version

Download (12kB)
[thumbnail of BAB I MARGARETA.pdf] Text
BAB I MARGARETA.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of BAB II MARGARETA.pdf] Text
BAB II MARGARETA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[thumbnail of BAB III MARGARETA.pdf] Text
BAB III MARGARETA.pdf - Published Version

Download (328kB)
[thumbnail of BAB IV MARGARETA.pdf] Text
BAB IV MARGARETA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[thumbnail of BAB V MARGARETA.pdf] Text
BAB V MARGARETA.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA MARGARETA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA MARGARETA.pdf - Published Version

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa SMA Shalom Bengkayang dengan penggunaan Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian kolaborasi yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dikelas XI IPS2
SMA Shalom Bengkayang dengan jumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi, tes soal, dan dkumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator kinerja menggunakan hitungan rumus presentase.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Hasil belajar ranah kognitif meningkat setiap siklusnya. Pada pra tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 56,96 atau 4 siswa yang telah mencapai KKM. Pada siklus I nilai rata-rata kognitif siswa sebesar72,5 atau 15 siswa yang telah mencapai KKM. Pada siklus II nilai rata�rata kognitif siswa meningkat sebesar 77,67 atau 22 siswa yang telah mencapai
KKM. 2) Hasil belajar ranah afektif siswa meningkat setiap siklusnya. Pada pra tindakan ranah afektif sebanyak 3 siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik. Pada siklus I ranah afektif sebanyak 8 siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa yang mendapatkan kategori baik dan sangat baik. 3) Hasil belajar ranah psikomotor siswa meningkat setiap siklusnya. Pada pra tindakan ranah psikomotor sebanyak 4 siswa yang telah mencapai ketegori baik dan sangat baik. Pada siklus I ranah psikomotor sebanyak 14 siswa yang telah mencapai kategori baik dan sangat baik, kemudian pada siklus II ranah psikomotor meningkat sebanyak 22 siswa yang telah mencapai kategori baik dan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah ranah kognitif, afetif, dan psikomotor siswa kelas XI IPS2
SMA Shalom Bengkayang.

Kata Kunci: problem based learning, hasil belajar, sejarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:36
Last Modified: 08 Mar 2024 03:36
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item
View Item