Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA EKSTRAKULIKULER SMAN 2 JANGKANG

LEWI, ALOISIUS (2024) HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA EKSTRAKULIKULER SMAN 2 JANGKANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of KATA PENGANTAR dan kk.pdf] Text
KATA PENGANTAR dan kk.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB)
[thumbnail of BAB II fix.pdf] Text
BAB II fix.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (197kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Materi Kain Corak Lunggi Sambas Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division (STAD) dalam Materi Kain Corak Lunggi Sambas dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. (2) Kesadaran Sejarah Siswa dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. (3) Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement
Division (STAD) dalam Materi Kain Corak Lunggi Sambas Terhadap Kesadaran sejarah siswa dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu variabel bebas dan terikat.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division sedangkan variabel terikatnya adalah kesadaran
sejarah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk True Eksperimental Design dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 orang, pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, serta teknik studi dokumentasi dengan alat yang digunakan adalah lembar
observasi, angket, dan dokumen. Teknik analisis data untuk menjawab sub masalah nomor 1 dan 2 yaitu mengetahui pelaksanaan model pembelajaran STAD dan kesadaran sejarah siswa menggunakan rumus persentase, dan untuk menjawab sub masalah 3 yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
STAD terhadap kesadaran sejarah menggunakan rumus regresi linear. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam materi kain corak lunggi Sambas dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas,
diproleh nilai prssentase 83,62% dengan kategori Baik. (2) Kesadaran sejarah siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas, diperoleh nilai persentase di kelas eksprimen 86,08% dan 73,55% di kelas kontrol dengan kategori Baik. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dalam materi kain corak Lunggi Sambas terhadap kesadaran sejarah siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. Berdasarkan nilai signifikan dari tabel coefficients diperoleh nilai signifikan sebesar 0,026 < 0,05. Dengan
demikian hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:16
Last Modified: 06 Mar 2024 08:16
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item
View Item