Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERANGKAT KERAS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG

ERDINAWATI, ERDINAWATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERANGKAT KERAS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI BETUNG KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (74kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (559kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (485kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perangkat Keras Di Kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung Kabupaten Bengkayang”. Masalah yang dibahas adalah : 1). Bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung?, 2). Bbagaimana hasil belajar peserta didik setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung?, 3). Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung.
Tujuan umum penelitian ini : (1) hasil belajar peserta didik sebelum diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konensional pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung, (2) hasil belajar peserta didik setelah diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung, (3) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dan konvensional pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk
penelitian Quasi Exsperimen. Populasinya adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung yang berjumlah 171 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas, terdiri dari satu kelas kontrol (VII
D) dan satu kelas eksperimen (VII E). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran, dengan alat pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan rumus-rumus mean (rata�rata), Kolmogrov-Smirnov,dan uji “t”. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan dan analisis data: 1) Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi perangkat keras kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung dengan rata-rata 60,86, sedangkan untuk kelas konvensional dengan hasil rata-rata 59,36. 2) Rata-rata hasil belajar peserta didik sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tergolong baik dengan hasil rata-rata 85,58 dengan standar deviasi 5,37, sedangkan untuk model pembelajaran konvensional tergolong cukup dengan rata-rata 68,19 dengan standar deviasi 7,01. 3) Setelah diadakan pengujian dua pihak dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 11,150 > 1,998 maka Ho ditolak, yang berarti Ha diterima.
Kesimpulan pada skripsi ini maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran konensional pada materi perangkat perangkat keras kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Betung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item
View Item