Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA

RATNASARI, DEWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (449kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (361kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam mewujudkan manusia seutuhnya karena maju mundurnya keberhasilan suatu bangsa dan masa yang akan datang sangat ditentukan oleh pendidikan. Pembelajaran pada abad 21 menekankan pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada peserta didik (Student Centered).
Dari proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tidak pernah menerapkan soal-soal yang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen, untuk mengetahui
kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol, untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran SSCS terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Hasil penelitian T-hitung 12,46 > T-tabel 1,69 sehingga Ha diterima dan ditolak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model SSCS. Hasil penelitian menujukkan terdapat pengaruh model pembelajaran
Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Hilir dengan hasil perhitungan uji effect size sebesar 2,53 yang termasuk ke dalam kriteria tinggi.

Kata Kunci: Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Sel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item
View Item