Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN MODEL GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DIKELAS Xl IPS 1 SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU

MERI, MERI (2024) PENERAPAN MODEL GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DIKELAS Xl IPS 1 SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (243kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (465kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (436kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah”Penerapan model Guided Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten sanggau dengan penerapan model guided teaching pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan“. Dengan sub-sub masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perencanaan penerapan model Guided Teaching pada pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau ?. 2) Bagaimanakah pelaksanaan penerapan model Guided Teaching pada pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau?. 3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Guided Teacing pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kewarganegaraan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau?
Penelitian ini menggunkan metodologi penelitian yang terdiri dari metode dan bentuk penelitian, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk desain Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau yang berjumlah 28 siswa.
Hasil penelitian yang didapat selama pelaksanaan penelitian dapat di simpulkan secara umum bahwa penerapan model Guided Teaching pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, dengan rincian sebagai berikut: 1) hasil belajar siswa yang diperoleh pada pratindakan dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau di kategorikan kurang atau belum mencapai KKM, dengan rata-rata yang diperoleh pada
pratindakan adalah 57,14% dengan presentasi ketuntasan hanya mencapai 28,5%. 2) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dikelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau di kategorikan cukup, dengan rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 65,8% dengan presentasi ketuntasan hanya mencapai 46,5%. 3) hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II. di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau dikategorikan baik dengan
rata-rata yang diperoleh pada pratindakan adalah 84,2% dengan presentasi ketuntasan hanya mencapai 82,14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:18
Last Modified: 01 Mar 2024 08:18
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item
View Item