Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS (AR) AUGMENTED REALITY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 6 TAYAN HILIR

PERIKAES, YEREMIAS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS (AR) AUGMENTED REALITY PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMPN 6 TAYAN HILIR. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of abstra.pdf] Text
abstra.pdf - Published Version

Download (114kB)
[thumbnail of BAB I(2).pdf] Text
BAB I(2).pdf - Published Version

Download (140kB)
[thumbnail of BAB II(2).pdf] Text
BAB II(2).pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of BAB III(2).pdf] Text
BAB III(2).pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of BAB IV(1).pdf] Text
BAB IV(1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V(3).pdf] Text
BAB V(3).pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(2).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA(2).pdf - Published Version

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis (AR) augmented reality pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMPN 6 Tayan Hilir; 2) Kelayakan media pembelajaran berbasis (AR) augmented reality pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMPN 6 Tayan Hilir; 3) Respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis (AR) augmented reality pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di
SMPN 6 Tayan Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari subjek pengembangan yaitu; 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi, dan subjek uji coba yaitu; 40 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tayan Hilir. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; 1) Wawancara; 2)
Angket atau Kouesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatid dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi diperoleh skor presentase kelayakan media sebesar 86% yang berada pada kategori “Sangat Layak”. Dan untuk respon siswa diperoleh skor presentase sebesar 91% yang berada pada kategori “Sangat Baik”.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:18
Last Modified: 01 Mar 2024 08:18
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item
View Item