Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU

NELA, YUNITA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (310kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran concept sentence pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran concept sentence menurut Huda dan teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP berdasarkan kurikulum merdeka. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu”. Adapun sub-sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah proses keterampilan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu? (2) Bagaimanakah hasil
keterampilan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah mendapatkan informasi secara objektif mengenai peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah
Hulu. Adapun secara khusus dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pembelajaran menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. (2) untuk mengetahui hasil menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept
sentence pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu.
Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan cara memecahkan masalah dengan mengumpulkan data berupa fakta-fakta sesuai keadaan yang ada, melakukan tindakan secara nyata. Bentuk penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru melalui rangkaian kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas secara efektif dan efesien. Tujuannya untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja guru dan memberi semangat belajar siswa dengan hasil yang meningkat. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil dan siswa berjumlah 32 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif komperatif dan teknik anlisis kritis. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa ada peningkatan proses pembelajaran kemampuan menulis teks deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence kelas VII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu berjalan sesuai rencana dan berjalan dengan baik pada setiap siklusnya.
Simpulan penelitian yang dilakukan melalui hasil dari penelitian ini bahwa: (1) aktivitas guru dalam mengelolah kelas pembelajaran yang digunakan model concept sentence pada materi teks deskripsi untuk siswa kelas VII A SMP
Negeri 1 Mempawah Hulu observasi aktivitas guru yakni pada siklus I dengan skor perolehan 56 nilai rata-rata 73,86% terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu mendapatkan skor perolehan 68 dengan nilai rata-rata 89,47%. (2) Aktivitas siswa siswa siklus I dengan skor perolehan 39 dengan nilai rata-rata 65% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan skor perolehan 55 dengan nilai rata-rata 91,66% bahwa ada peningkatan terhadap prosese pembelajaran yang dilaksanakan di kelas, minat dan keaktifan siswa meningkat dengan model pembelajaran concept sentene. (3) hasil belajar siswa pra siklus ketuntasan klaksikal kemampuan menulis teks deskripsi 34,37% dengan nilai rata-rata 62,96 pada siklus I rata-rata 66,87 masih belum ada ketuntasan siswa untuk siklus I dengan persentase ketuntasan klaksikal 50% maka dilanjutkan proses siklus II barulah kelihatan hasilnya bahwa ada peningkatan yaitu nilai rata-rata 77,5 dengan ketuntasan klaksikal 87,5% dikatakan tuntas apabila kreteria presentase klaksikal mencapat 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:01
Last Modified: 27 Feb 2024 08:01
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item
View Item