Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN DI KELAS XI IPS SMA WISUDA PONTIANAK

P, WELHELINA WARNI (2023) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN DI KELAS XI IPS SMA WISUDA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (234kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Di Kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak. Rumusan masalah umum dalam penenilitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan metode discovery learning
untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen di kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan panduan observasi, panduan wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data, teknik deskriptif
komparatif, dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil belajar siswa dalam Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Di Kelas XI IPS SMA
Wisuda Pontianak pada setiap siklusnya semakin meningkat dan mencapai KKM. Hal ini terbukti dengan hasil tes pada pra siklus dengan nilai rata-rata siswa 60, siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 67,16, siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 81,83. Kamudian hasil pengamatan guru dengan menggunakan metode discovery learning pada siklus I 63,46% meningkat menjadi 86,53% pada siklus II. Kedua, hasil tes Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Di Kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak telah mengalami peningkatan dengan Penerapan Metode Discovery Learning hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai tes yang diperoleh.

Kata Kunci: Metode discoveri learning, unsur intrisik cerpen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 18 Dec 2023 08:11
Last Modified: 18 Dec 2023 08:11
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item
View Item