RIA, ASNI (2016) PERAN GURU PKn DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VIII MTs YPPU KARIMUNTING KABUPATEN BENGKAYANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (221kB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (438kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (442kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (445kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (253kB)
BAB II.PDF - Accepted Version
Download (444kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (449kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Peran guru PKn dalam mengembangkan sikap
peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU karimunting kabupaten
bengkayang ”. Fokus penelitian ini adalah “ Bagaimankah peran guru PKn dalam
mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU
Karimunting Kabupaten Bengkayang”. Selanj utnya fokus penelitian dirumuskan
dalam beberapa sub masalah sebagai berikut:1)Bagimanakah program
pengembangan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting
Kabupaten Bengkayang:2)Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan sikap
peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten
Bengkayang:3) Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung peran guru PKn dalam
mengembangkan sikap peduli lingkungan kelas VIII MTs YPPU Karimunting
Kabupaten Bengkayang ?Tujuan umum dari dari penelitian ini adalah untuk
memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang peran guru PKn dalam
mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU
Karimunting Kabupaten Bengkayang. Variabel dalam penelitian ini adalah
variabel tunggal yaitu “ Peran gur u PKn dalam mengebangkan sikap peduli
lingkungan”. Penelitian ini menggunakan met ode deskriptif, informan yang
menjadi sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs YPPU
Karimunting Kabupaten Bengkayang sebanya k 3 orang dan 1 orang guru PKn.
Teknik pengumpulan data yang digunaka n adalah teknik observasi langsung,
kominikasi langsung dan komunikas i tidak langsung dengan menggunakan
panduan observasi, intrumen penelitian dan wawancara sebagai alat pengumpul
datanya.Kesimpulan penelitian ini secara umum adalah bahwa guru PKn sangat
berperan dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs
YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang. Secara khusus dapat disimpulkan
bahwa program pengembangan siswa sika p peduli lingkungan siswa kelas VIII
MTs YPPU Karimunting Kabupaten Bengkayang sudah dibuat untuk
dilaksanakan. Selanjutnya, bahwa pelaksanaan pengembangan sikap peduli
lingkungan kepada siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten
Bengkayang telah dilaksanakan dengan baik. Kesimpulan lainnya adalah bahwa
faktor-faktor yang mendukung peran gur u pkn dalam mengembangkan sikap
peduli lingkungan siswa kelas VIII MTs YPPU Karimunting Kabupaten
Bengkayang terdiri dari faktor intern dan ekstern sudah mendapat perhatian serius
dari guru termasuk kendala-kendala yang dihadapi oleh guru sudah dapat diatasi
dengan baik.Berdasarkan kesimpulan ya ng telah diuraikan sebelumnya, penulis
menyarankan sebagai berikut: 1) Saran kepa da kepala sekolah agar meningkatkan
perhatianya pada kondisi sekolah da n kemampuan guru untuk meningkatkan
pendidikan sekolah. Dengan demikian diha rapkan proses pembelajaran yang
berlangsung dapat mencapai keberhasilan seperti yang diinginkan:2) Saran kepada
guru PKn, bahwa hendaknya guru berupaya keras untuk mencari informasi
sebanyak-banyaknya tentang materi pembelajaran PKn. Selain itu, guru tidak
hanya sebagai penyampai saja, namun juga harus memiliki kemampuan untuk
meningkatkan efektifitas belajar:3)Saran kepada siswa agar dapat mengikuti
pelajaran PKn dan patuh kepada at uran yang sudah dibuat sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 102 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2016 06:39 |
Last Modified: | 27 Aug 2016 06:39 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/209 |