Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

Ananlisis Sumber Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Ponyianak

PUTRI, ANCE STEVILGA (2023) Ananlisis Sumber Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Ponyianak. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of BAB I ANCE.pdf] Text
BAB I ANCE.pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of BAB II ANCE.pdf] Text
BAB II ANCE.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of BAB III ANCE.pdf] Text
BAB III ANCE.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV ANCE.pdf] Text
BAB IV ANCE.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB V ANCE.pdf] Text
BAB V ANCE.pdf - Published Version

Download (225kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (278kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Aanalisis Sumber Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah dikelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Sub�sub penelitian ini dalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran sejarah dikelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. 2) Bagaimana sumber belajar siswa pada pembelajaran sejarah dikelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. 3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru
dalam pembelajaran sejarah dikelas XI IPS SMA Krisnten Abdi Wacana Pontianak.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Penelitian menggunakan teknik dan pengumpulan data yaitu, teknik observasi langsung, dengan alat pengumpul pedoman observasi, komunikasi langsung dengan pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpul data observasi langsung, komunikasi langsung, studi dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan guru
menggunakan sumber belajar seperti buku dan sumber lainnya dikelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak sudah cukup baik. Guru membuat rencana pembelajaran, membuat materi ajar, menyiapkan metode pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan. Kemudian, pelaksanaannya guru menggunakan sumber belajar berupa buku paket, lks dan
proyektor di kelas XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. hal ini dilihat dari melasanakan pengajaran sesuai dengan perencanaan pengajaran dan menguasia manajemen kelas dalam melaksanakan pembelajaran serta rancangan media pembelajaran disesuaikan dengan metode yang dipakai. 2) kendala-kendala
yang dihadapi guru dalam pembelajaran sejarah. Kendala yang dialami guru dalam pembelajaran sejarah ini terlihat dari, siswa yang sibuk mengorol dengan teman sebangku atau didalam kelompo, kurang ketersediaan buku paket di sekolah. Dan kendala lainnya yang dialamai gurunya ada yang masih belum
terlalu melek teknologi, namun mereka pun tetap berusaha untuk belajar dari bermacam sumber serta tidak malu untuk berdiskusi dan mennayakan bersama teman sejawatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:01
Last Modified: 07 Sep 2023 08:01
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item
View Item