Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY OCTAVIAND DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

ARFIANA, VINA (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY OCTAVIAND DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK .pdf] Text
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of BAB I(3).pdf] Text
BAB I(3).pdf - Published Version

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II(4).pdf] Text
BAB II(4).pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of BAB III(3).pdf] Text
BAB III(3).pdf - Published Version

Download (210kB)
[thumbnail of BAB IV(3).pdf] Text
BAB IV(3).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[thumbnail of BAB V(3).pdf] Text
BAB V(3).pdf - Published Version

Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA(3).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA(3).pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskrisikan nilai pendidikan karakter berupa 1) nilai bersahabat/komunikatif, 2) nilai peduli sosial, 3) nilai cinta tanah air dalam Film Stip & Pensil Karya Ardy Octaviand dan 4) implementasinya pada
pembelajaran bahasa indonesia di SMP Negeri 23 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dekriptif dengan bentuk kualitatif, serta pendekatan sosiologi sastra. Teknik dan alat pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara dan teknik studi dokumenter dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, studi dokumenter (dokumen) serta kartu data. Hasil Penelitian
terkait dengan nilai pendidikan karakter dalam film diperoleh, 1). nilai bersahabat/komunikatif diantaranya sikap kompak, mudah bergaul, berdiskusi, serta berkomunikasi menggunakan bahasa yang santun, 2). nilai peduli sosial dalam film diantaranya saling membantu, mengajarkan literasi, dan berbakti kepada orang tua, 3). nilai cinta tanah seperti menyanyikan lagu daerah, memiliki semangat belajar, tidak mudah menyerah, menjadi suka relawan mengajar, dan peduli terhadap pendidikan. 4). Adapun berkaitan dengan implementasi pada pembelajaran bahasa
Indonesia yaitu siswa aktif dan antusias ketika berdiskusi, berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, percaya diri mengutarakan pendapatnya, serta menyimak guru.

Kata Kunci: pendidikan karakter, film Stip & Pensil, implementasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:17
Last Modified: 30 Aug 2023 08:17
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item
View Item