Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 4 Teriak

SILFISTER, SILFISTER (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 4 Teriak. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (465kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah
pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 4 Teriak?” Dari masalah umum tersebut, dirumuskan sub masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak diberikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 4 teriak? 2. Bagaimana hasil belajar siswa telah diberikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN
4 Teriak? 3. Apakah terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan hasil belajar IPS siswa SMPN 4 Teriak?
Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah “model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Adapun yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini adalah “hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Teriak 2022/2023, penentuan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling maka didapatkan hasil kelas VII A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 29 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 7,401 jika dibandingkan dengan ttabel pada nilai kritis, besarnya derajat kebebasan (db) untuk Uji (Independen Sampel T Test) adalah 5% tabel nilai kritis t menunjukan 1,673 N-2 jadi sebesar 57 - 2 yaitu 55 pada taraf signifikan 5% tabel nilai t kritis menunjukan t sebesar 1,673. Jadi to > tt 5% = 6,210 > 1,673 ini menunjukan penggunaan pembelajara Numbered Head Together (NHT) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 4 Teriak.
Kesimpulan umum Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa Numbered Head Together (NHT) berpegaruh Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 4 Teriak. Secara khusus dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. 1. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 4 Teriak dari 28 siswa dengan katagori cukup. 2. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 4 Teriak dari 29 siswa dengan katagori baik, hal dapat dilihat dari 4 indikator dalam Numbered Head Together (NHT) dapat terlaksana dengan baik, pada fase pertama penomoran. Siswa sangat antusias di mana dalam pembentukan kelompok dapat terlaksana secara heterogen, fase kedua mengajukan pertanyaan rata-rata siswa dapat menjawab dengan baik pada
fase berfikir bersama hampir semua siswa berani mengungkapkan ide-ide yang dimiliki serta berani beragumen dalam kelompoknya, fase menjawab. Siswa yang nomornya di panggil sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba untuk
12 menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas. 3. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) karena thitung lebih besar jika dibandingkan dengan ttabel pada nilai kritis, besarnya derajat kebebasan (db) untuk Uji T (Independen Sampel T Test).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:56
Last Modified: 27 Mar 2023 07:56
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item
View Item