Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX MTS AL-MUJTAHID PONTIANAK UTARA

WIDA, MAULIDIA (2023) PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX MTS AL-MUJTAHID PONTIANAK UTARA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (273kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Proses pembelajaran menggunakan media film pendek terhadap keterapilan menulis cerpen pada siswa kelas IX MTs Al-mujtahid Pontianak Utara (2) Peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan media film pendek pada siswa kelas ix MTs Al-mujtahid Pontianak Utara. Penetuan metode dalam sebuah penelitian merupakan hal yang harus dilakukan karena suatu temuan dikatakan ilmiah. Bentuk Penelitian dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran indonesia kelas IX MTs Al-mujtahid Pontianak Utara, tindakan kelas telah dilakukan dua siklus. Subjek
terhadap penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas IX MTs Al-mujtahid Pontianak Utara. Objek terhadap penenlitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis terhadap siswa, media film pendek yang telah digunakan, langkah-langkah dan respon siswa dalam penggunaan media film pendek. pengumpulan data dalam penenlitian ini menggunakan metode observasi, metode komunikasi langsung, metode pengukuran, metode dokumenter. Data yang telah diperoleh dari metode tes dan komunikasi langsung dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Data yang dapat dari metode dokumentasi dan metode observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan skor rata-rata nilai dalam menulis cerpen pada
pra siklus sebesar 50,25 yang termasuk kategori kurang, pada siklus I sebesar 66,74 yang termasuk kategori cukup dan pada siklus II sebesar 81% menjadi 76,77 dan termasuk kategori
baik. Jadi dapat disimpulkan adanya peningkatan dari siklus I dan II adalah sebesar 74%.

Kata kunci: media, film, menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:14
Last Modified: 20 Jan 2023 07:14
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item
View Item