Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SMA NEGERI 1 KETAPANG

ARIS, MUNANDAR (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI SMA NEGERI 1 KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of BAB - 1.pdf] Text
BAB - 1.pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of BAB - 2.pdf] Text
BAB - 2.pdf - Published Version

Download (259kB)
[thumbnail of BAB - 3.pdf] Text
BAB - 3.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of BAB - 4.pdf] Text
BAB - 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB - 5.pdf] Text
BAB - 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB)

Abstract

Wabah covid-19 memberikan perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya sekolah untuk melarang berkerumun, pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing), sehingga mewajibkan sekolah melakukan pembelajaran dengan pemanfaatan daring. Melalui penelitian ini, peneliti melakukan analisis pemanfaatan media pembelajaran berbasis daring di SMA Negeri 1 Ketapang. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk megnetahui: 1) penggunaan media pembelajaran berbasis daring di SMA Negeri 1 Ketapang, (2) mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran berbasis daring bagi perseta didik di SMA Negeri 1 Ketapang.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pontianak dengan jumlah populasi 595 ssiwa dan sampel 237 siswa. Penelitian ini menggunakan metode desktitif dengan pendekatan kualitatif, variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan penggunaan media pembelajaran berbasis daring sebagai variabel tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (online) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskritif dalam bentuk narasi dengan penyusunan data, tabulasi data dan pengolahan data dan penyusunan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis daring khususnya pemanfaatan Google Classroom di SMA Negeri 1 Ketapang dengan sangat baik, dengan indikator berbasis internet sebesar 74%, indikator meningkatkan ketertarikan dan interaktifitas sebesar 68%, indikator memungkinkan proses belajar dapat dilakukan ditempat mana saja dan kapan saja sebesar 78%, indikator Meningkatkan kualitas belajar sebesar 69%, untuk indikator Meningkatkan efisiensi sebesar 78%, indikator Mempermudah pemahaman siswa dan meningkatkan data ingat siswa terhadap materi sebesar 71% dan dalam pengukuran ini pengunaan dan dampak penggunaan media pembelajaran siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil data diatas maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar siswa dapat dilakukan ditempat mana saja dan kapan saja dan meningkatkan efisiensi yang dimana dengan adanya penerapan media pembelajaran berbasis daring ini dapat memudahkan siswa dalam pengoptimalan waktu dan pemanfaatan media pembelajaran siswa selain memperoleh pengetahuan dari lingkungan sekolah siswa juga dapat belajar secara mandiri dengan memperoleh ilmu pengetahuan dari mana saja saat penggunaan/terhubung media internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:50
Last Modified: 28 Jul 2022 08:50
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item
View Item