Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA MATA KULIAH GEOGRAFI REGIONAL DUNIA

RINA, IKIP and RIKA, ANGGELA and EVILIYANTO, EVILIYANTO, M.PD (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA MATA KULIAH GEOGRAFI REGIONAL DUNIA. IKIP PGRI PONTIANAK, IKIP PGRI PONTIANAK LIBRARY.

[thumbnail of ABSTRAK.docx] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I edit.docx] Text
BAB I edit.docx

Download (33kB)
[thumbnail of BAB II edit.doc] Text
BAB II edit.doc

Download (164kB)
[thumbnail of BAB III edit.docx] Text
BAB III edit.docx

Download (38kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video terintegrasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis pada mahasiswa Pendidikan Geografi Mata Kuliah Geografi Regional Dunia (GRD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Semester V Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Adapun sampel menggunakan Proposive Random dan Kelas A sore dipilih menjadi kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Tes dan Dokumentasi. Analisis Data yang digunakan adalah Mencari rata-rata kemampuan berpikir kritis dengan rumus mean dan melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum penggunaan video terintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah Geografi Regional Dunia (GRD) memperoleh rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis sebesar 59,47 berada dalam kategori kurang. Kemampuan berpikir mahasiswa setelah sesudah penggunaan video dikombinasi terintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis sebesar 67,07 berada dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan video terintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Geografi Regional Dunia (GRD)

Item Type: Other
Subjects: Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Feb 2022 09:00
Last Modified: 24 Feb 2022 09:00
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item
View Item