RINA, IKIP and RIKA, ANGGELA and EVILIYANTO, EVILIYANTO, M.PD (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI PADA MATA KULIAH GEOGRAFI REGIONAL DUNIA. IKIP PGRI PONTIANAK, IKIP PGRI PONTIANAK LIBRARY.
ABSTRAK.docx
Download (13kB)
BAB I edit.docx
Download (33kB)
BAB II edit.doc
Download (164kB)
BAB III edit.docx
Download (38kB)
Abstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video terintegrasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis pada mahasiswa Pendidikan Geografi Mata Kuliah Geografi Regional Dunia (GRD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Semester V Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Adapun sampel menggunakan Proposive Random dan Kelas A sore dipilih menjadi kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Tes dan Dokumentasi. Analisis Data yang digunakan adalah Mencari rata-rata kemampuan berpikir kritis dengan rumus mean dan melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum penggunaan video terintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah Geografi Regional Dunia (GRD) memperoleh rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis sebesar 59,47 berada dalam kategori kurang. Kemampuan berpikir mahasiswa setelah sesudah penggunaan video dikombinasi terintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis sebesar 67,07 berada dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan video terintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Geografi Regional Dunia (GRD)
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 09:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 09:00 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/924 |