Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELAS VIII SMP PUTRA KHATULISTIWA PONTIANAK

ANGGUN, LESTARI (2021) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELAS VIII SMP PUTRA KHATULISTIWA PONTIANAK. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of 2. Ringkasan Skripsi.pdf] Text
2. Ringkasan Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (67kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (113kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (195kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (181kB)

Abstract

iii
RINGKASAN SKRIPSI
Judul penelitian adalah “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal
Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Dalam Pembelajaran
IPS Di Kelas VIII IPS SMP Putra Khatulistiwa Pontianak”. Masalah Umum
penelitian ini adalah : “Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Kecerdasan
Interpersonal siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam
pembelajaran IPS di kelas VIII IPS SMP Putra Khatulisiwa Pontianak?”. Sub-sub
masalah penelitian adalah sebagai berikut :1) Bagaimanakah kecerdasan
interpersonal siswa kelas VIII IPS SMP Putra Khatulisiwa Pontianak? 2)
Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam
pembelajaran IPS di kelas VIII IPS SMP Putra Khatulisiwa Pontianak? 3)
Apakah terdapat peningkatkan kecerdasan interpersonal siswa melalui model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran IPS di kelas VIII IPS
SMP Putra Khatulisiwa Pontianak?
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 28 siswa dan 1 guru IPS. Teknik
pengumpul data berupa teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak
langsung dengan menggunakan angket, serta teknik dokumenter. Sedangkan
teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
menggunakan rancangan desain penelitian tindakan kelas (PTK), serta
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk hasil angketi dan hasil observasi
dengan menggunakan rumus persentase.
Kesimpulan umum dapat dikatakan bahwa “Upaya meningkatan
kecerdasan interpersonal siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share
dalam pembelajaran IPS di kelas VIII IPS SMP Putra Khatulisiwa Pontianak
dapat dikatakan sangat baik”. Sedangkan secara lebih khusus dapat disimpulkan
bahwa sebelum dilaksanakan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran
Think Pair Share, 1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share mampu
memberikan suasana belajar baru bagi siswa, siswa merasa tertarik dan lebih
antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS yaitu mencapai 73,86%. (2) Proses
pembelajaran masih menggunakan model ceramah bervarias. Kecerdasan
Interpersonal siswa sebelum dilakukan tindakan bervariatif, sebagian besar masih
kurang memiliki kecerdasan interpersonal yang baik yaitu hanya mencapai
62,05%. 3) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share terbukti memberikan
pengaruh positif bagi perkembangan kecerdasan interpersonal siswa. Hal ini dapat
dilihat dari hasil angket dan hasil penelitian pada tiap siklus yang mengalami
peningkatan yaitu mencapai 11,87%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat peneliti sarankan beberapa hal
antara lain: 1) Kecerdasan interpersonal siswa yang menyangkut perhatian siswa
terhadap penjelasan guru, keaktifan siswa dalam belajar serta kepedulian siswa
terhadap siswa lain cenderung masih kurang. 2) Hal yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa adalah dengan menerapkan model
pembelajaran think pair share dapat membuat siswa memiliki rasa empati
terhadap siswa lain. 3) Pembelajaran dengan model Think Pair Share
iv
menghasilkan dampak positif bagi kecerdasan interpersonal siswa, hal ini sangat
baik bagi perkembangan siswa dan dapat terus dikembangkan hingga taraf
maksimal.
Kata Kunci Kecerdasan Interpersonal,Think Pair Share

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: PAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS DIKELAS VIII SMP PUTRA KHATULISTIWA PONTIANAK
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:06
Last Modified: 27 Jul 2022 01:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item