Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 01PUTUSSIBAU

SAMUEL, BUDI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 01PUTUSSIBAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (614kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan komunikasi
matematis siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi dalam materi statistika di Kelas
VIII SMP Negeri 01 Putussibau, yang dikategorikan dalam kreativitas belajar tinggi,
sedamg, dan rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah ’’bagaiamana analisis
kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kreativitas belajar siswa dalam materi
statistika di Kelas VIII SMP Negeri 01 Putussibau’’, dimana masalah khususnya antara
lain: Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kreativitas
belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam materi statistika di Kelas VIII SMP Negeri 01
Putussibau?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk survey,
yaitu penelitian yang hanya memamparkan situasi dan perilaku dengan melakukan
pengamatan secara langsung pada objek yang menjadi sumber data. Sampel penelitiannya
adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumulan datanya
berupa komunikasi tak langsung, pengukuran, dan alat pengumpulan datanya berupa
angket kreativitas, tes, dan wawancara langsung. Teknik analisis data berupa reduksi data
dan penyajian data.
Berdasarkan deskripsi data diperoleh bahwa analisis kemampuan komunikasi
matematis ditinjau dari kreativitas belajar siswa pada materi statistika. Siswa dengan
kemampuan tinggi dapat mengerjakan soal dengan baik dan kreatif menggunakan rumus
atau cara penyelesaiannya, siswa dengan kemampuan sedang dapat mengerjakan soal
dengan baik, namun kurang kreatif menggunakan rumus dan cara penyelesaiannya, dan
siswa dengan kemampuan rendah sudah dapat mengerjakan soal dengan cukup baik,
namun siswa tersebut belum kreatif dalam menggunakan rumus pengerjaan atau cara
menemukan jawaban dari soal yang diberikan.

Kata Kunci: Komunikasi matematis, Kreativitas, Materi statistika
iii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:23
Last Modified: 24 Nov 2020 03:23
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item
View Item