Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK TIK KELAS X SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK

WINDA, ASTUTI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK TIK KELAS X SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 3. RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
3. RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (152kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI
Penelitian ini berjudul “ Pengembangan Media pembelajaran Flipbook TIK
kelas X SMAS Mujahidin Pontianak” pada materi fungsi dan proses kerja TIK di
kelas X SMAS Mujahidin Pontinak. Adapun masalah umum dalam penelitian ini
adalah Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook TIK Kelas X
SMAS Mujahidin Pontinak”. Masalah yang menjadi fokus penelitian,
diantaranya adalah sebagai berikut : (1)Bagaimana mengembangkan Flipbook
pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAS
Mujahidin Pontinak? (2) Bagaimana kelayakan media Flipbook dalam
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMAS Mujahidin
Pontinak? (3) Bagaimana respon siswa setelah di implementasikan media
Flipbook dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X
SMAS Mujahidin Pontinak?
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengembangan media pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
dengan Flipbook. Pengembangan yang dimaksud dalam hal ini adalah dengan
tujuan khusus untuk : (1) Mengetahui pengembangkan media Flipbook pada
Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (2) Mengetahui kelayakan
media Flipbook dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (1)
Mengetahui respon siswa setelah di implementasikan media Flipbook dalam
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan
Research And Development (R&D), dengan rancangan penelitian menggunakan
model pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Ujicoba produk dilakukan dalam
dua kelompok yaitu ujicoba skala kecil dan Uji Respon Siswa. Pengujian
kelompok kecil dilakukan kepada 10 siswa dengan kelas yang berbeda dari
pengujian Ujicoba Respon siswa yang dilakukan pada 30 siswa kelas X MIPA 2
iii


SMAS Mujahidin Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
pengembangan ini menggunakan 3 jenis, yaitu dokumentasi, komunikasi
langsung dan Teknik komunikasi tidak langsung. Untuk menjawab rumusan
masalah yang pertama adalah materi yang digunakan yaitu media pembelajaran
flipbook dengan langkah-langkah pengembangan mengunakan rancangan
ADDIE. Untuk menjawab rumusan masalah yang kedua dan ketiga untuk
mengetahui kelayakan dan responden siswa dengan menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian Dari
validasi ahli media diperoleh total presentase yaitu 82,22% dengan kategori
Sangat Layak. Kemudian untuk validasi ahli materi diperoleh total presentase
yaitu 76,66% dengan kategori Layak. Untuk ujicoba skala kecil pada 10 siswa
SMAS Mujadihin Pontianak dengan mencakup aspek Penyajian, Kegrafikan
Kebahasaan, dan Manfaat diperoleh total klarifikasi media flipbook sebesar 4,24
dengan katagori Sangat Baik. Untuk hasil Uji Respon Siswa, maka diperoleh
jumlah keseluruhan dengan total klarifikasi media flipbook sebesar 4,06 dengan
katagori Baik.

iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:46
Last Modified: 18 Sep 2020 07:46
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item
View Item