Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

IPS DI KELAS VIII SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 BENGKAYANG KABUPATEN BENGKAYANG

PIADIS (2020) IPS DI KELAS VIII SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 BENGKAYANG KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Skripsi ini berjudul “Analisis Pemanfaatan Media Visual Dalam
Pembelajarn IPS Di Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 1
BengkayangKabupaten Bengkayang”. Penelitian ini memiliki fokus penelitian
yang di cantumkan dalam skripsi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana
perencanaan pembelajaran IPS dengan pemanfaatan media visualoleh guru di
kelas VIII SMPN 1 Bengkayang Kabupaten Bengkayang , (2) Bagaimana
pelaksanaan IPS dengan pemanfaatan media visual oleh guru di kelas VIII
SMPN 1 Bengkayang Kabupaten Bengkayang , (3) Bagaimana Kendala yang
di hadapi guru dalam pemanfaatan media visual SMPN 1 Bengkayang
Kabupaten Bengkayang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dan bentuk penelitiannya berbentuk deskriptif. Sumber data yang
dipergunakan sebagai informan adalah waka kurikulum, guru, dan siswa,
dokumen adalah perencanaan pembelajaran (RPP) dan silabus. Teknik dan
alat pengumpulan data adalah observasi , wawancara dan studi dokumen.
Validitas data menggunakan Triangulasi sumber dan Trigulasi metode
pengumpulan data dan analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.
Penelitian ini menggunakan variabel tunggal, adapun variabel tunggal adalah
penelitian ini adalah Analisis pemanfaatan media visual dalam pembelajaran
IPS di kelas VIII sekolah menengah pertama Negeri 1 Bengkayang Kabupaten
Bengkayang .
Berdasarkan data yang diolah maka secara umum dapat ditarik
kesimpulan bahwa Analisis pemanfaatan media visual dalam pembelajaran IPS
di kelas VIII sekolah menengah pertama Negeri 1 Bengkayang Kabupaten
Bengkayang, pada semester genap tahun ajaran 2019 dapat memberikan
pemahaman kepada guru dan siswa terkait dengan Media Visual Pada
Pembelajaran IPS Sedangkan secara khusus dapat ditarik kesimpulan yaitu : (1)
Perencanaan pembelajaran IPS dengan pemanfaatan media visual oleh guru di
kelas VIII SMPN 1 Bengkayang Kabupaten Bengkayang. telah dilaksanakan
dengan baik, ini berati persiapan media Visual dalam pembelajaran IPS telah
disusun secara terprogram hal ini dapat dilihat dari membuat RPP,
merumuskan topik, materi atau masalah yang akan dibahas/disajikan, kegiatan
apresiasi, menentukan sumber pembelajaran serta merencanakan alat penilaian.
(2) Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan pemanfaatan media visual oleh guru
di kelas VIII SMPN 1 Bengkayang Kabupaten Bengkayang, telah dilaksanakan
dengan baik, ini bearti telah dilaksanakan Media Visual oleh guru IPS, hal ini
dapat dilihat dari merangsang siswa untuk saling belajar, menangkapkan
pertanyaan dengan jelas, penyebaran pertanyaan ke seluruh siswa, memberikan
kesempatan siswa menjawab, mengulangi penjelasan-penjelasan sebelumnya
menanggapi jawaban siswa serta mendukung terjadinya interaksi antar siswa
(3) Kendala yang di hadapi guru dalam pemanfaatan media visual di kelas VIII
SMPN 1 Bengkayang Kabupaten Bengkayang kendalanya anak-anak itu suka
malas membaca mau hanya mendengarkan,otomatis kalau mereka malas
iii

membaca pasti tidak akan bisa menjawab pertanyaan dan saya sering
memberikan motivasi kepada mereka agar meningkatkan minat membaca dan
saya sebagai guru tidak mudah putus asa untuk selalu mengingatkan kepada
mereka harus rajin membaca meskipun pada kenyataan nya siswa lebih senang
hanya mendengarkan pada saat saya menjelaskan dari pada di suruh membaca.
Bagi peneliti, menyadari akan kelemahan dalam penelitian ini yaitu
masih sangat sederhana, bahan materi ajar yang disampaikan dan waktu
penelitian yang sangat singkat maka bagi peneliti selanjutnya hendak
menggali IPS yang ada di tempat tinggal dan mulailah setiap peristiwa itu di
inventarisasikan agar kedepannya siswa termotivasi untuk belajar IPS. (1)
Dalam pelaksanaan pembelajaran seharusnya guru tidak hanya menggunakan
metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab saja, tapi bisa juga menggunakan
media pembelajaran yang lain. (2) Siswa harusnya lebih giat untuk belajar
IPS. (3) Untuk menghadapi kendala-kendala yang dihadapi dan upaya yang
dilakukan guru dalam pelaksanaan Analisis pemanfaatan media visual dalam
pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 1 Bengkayang Kabupaten Bengkayang
sebaiknya guru harus selalu mehami permasalah tersebut, setelah itu mencari
solusi untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga hambatanhambatan
tersebut
bisa
teratasi
dan
terselesaikan.

iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:06
Last Modified: 18 Sep 2020 08:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item
View Item