Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGAI PINYUH

RITA MAULIDIYAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SUNGAI PINYUH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of 3 Ringkasan Skripsi.pdf] Text
3 Ringkasan Skripsi.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (333kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Rita Maulidiyah (311510068), judul skripsi ini adalah “Pengaruh model
pembeljaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat lamaran
pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh”. Adapun
masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah pengaruh
model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat
lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh ?” dengan
sub masalah sebagai berikut.1) Bagaimanakah hasil belajar pada materi menulis
surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sebelum
penerapan model pembelajaran Course Review Horay ?. 2) Bagaimanakah hasil
belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA
Negeri 1 Sungai Pinyuh sesudah penerapan model pembelajaran Course Review
Horay ?. 3) Apakah terdapat pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan model
pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar pada materi menulis
surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?.
Secara umum, tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran objektif
mengenai pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil
belajar menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1
Sungai Pinyuh. Secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah. 1) Untuk
mengetahui hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa
kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sebelum penerapan model Pembelajaran
Course Review Horay. 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada materi menulis
surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sesudah
penerapan model Pembelajaran Course Review Horay. 3) Untuk mengetahui
pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan model Pembelajaran Course Review
Horay terhadap hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa
kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembeljaran
Course Review Horay, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah
hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen dengan bentuk penelitian adalah Pre-Experimental Design
dan rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai
Pinyuh yang berjumlah enam kelas, kemudian sampel ditentukan dengan teknik
Probability Sampling dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini
memilih kelas XII MIA III dengan mengacak keenam kelas yang terdapat di
SMA Negeri 1 Sunagai Pinyuh. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran berupa tes dan teknik studi
documenter berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
rumus Mean dan Regresi Linier Sederhana. Sebelum menggunakan rumus
Regresi linier sederhana, dilakukan uji normalitas dengan menggunakan rumus
Chi kuadrat.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data penelitian yang telah
diperoleh, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar menulis surat

i
lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh, dengan
rincian sebagai berikut: 1) Rata-rata hasil belajar pada materi menulis surat
lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sebelum
penerapan model Pembelajaran Course Review Horay adalah sebesar 68,54 dan
standar deviasinya 8,63 tergolong cukup. 2) Rata-rata hasil belajar pada materi
menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh
sesudah penerapan model Pembelajaran Course Review Horay adalah sebesar
79,09 dan standar deviasi 9,57 tergolong baik. 3) Terdapat pengaruh sebelum
dan sesudah penggunaan model Pembelajaran Course Review Horay terhadap
hasil belajar pada materi menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMA
Negeri 1 Sungai Pinyuh. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang
diperoleh t

hitung
lebih besar dari t
tabel
yaitu 7,472 ≥
2,035. Dengan demikian
pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay (variabel X)
terhadap hasil belajar menulis surat lamaran pekerjaan (variabel Y) pada siswa
kelas XII SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh “diterima”.
ii

Beberapa saran yang disimpulkan dari hasil penelitian ini sebagai
berikut. 1) Dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa
Indonesia, sebaiknya guru melakukan identifikasi terhadap siswa terutama dalam
hal menanyakan siswa yang mengalami kesulitan belajar sebelum proses
pembelajaran dimulai, sehingga dengan demikian diharapkan dapat
mempermudah guru dalam memberikan bimbingan, dan dengan bantuan yang
diberikan tersebut akan memberikan manfaat bagi siswa dalam mencari solusi
atau jalan keluar. 2) Siswa diharapkan dapat mengikuti proses pembelajaran
dengan sungguh-sungguh dan berani menggungkapkan pendapat ataupun
bertanya kepada guru ketika merasa belum memahami materi pembelajaran yang
disampaikan oleh guru. 3) Diharapkan model pembelajaran Course Review
Horay ini dapat menjadi acuan guru dalam memilih model pembeljaran yang
digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran lebih
bervariasi. 4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan
penelitian dengan baik dan lebih memperhatikan tata tulis sesuai dengan kaidah
penulisan yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:06
Last Modified: 18 Sep 2020 08:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item
View Item