Elsih (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOGRAFI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BENGKAYANG KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (594kB)
Abstract
RINGKASAN SKRIPSI
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning
Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geografi di Kelas XI
SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020
dengan rumusan masalah penelitian ini Bagaiaman pengaruh penerapan model
cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi geografi
di kelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran
2019/2020 Sub masalahnya adalah 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum
diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa
pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten
Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa
setelah diterapkan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar
siswa pada materi pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang
Kabupaten Bengkayang Tahun Ajaran 2019/2020? 3) Apakah terdapat pengaruh
model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi
pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang
Tahun Ajaran 2019/2020?
Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen, bentuk penelitian ini
Quasy Eksperimental Design, dengan rancangan two-group post-test only design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas kelas XI IPS 1 SMAN 3
Bengkayang. yang dari 2 kelas 50 orang siswa Teknik pengambilan sampel IPS 1
sebagai kelas kontrol dan IPS 2 sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung sebesar 4,012 jika
dibandingkan dengan t tabel pada nilai kritis, besarnya derajat kebebasan (db)
untuk Uji T (Independen Sampel T Test) penguji 2 sisi dengan tingkat signifikan
5% table nilai kritis t menunjukan 2,042 N-2 jadi sebesar 26 - 2 yaitu 24 pada
taraf signifikan 5% tabel nilai t kritis menunjukan t sebesar 1,711. Jadi t
5%
= 4,012 > 1,711 ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan model
Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi
pelajaran geografi dikelas XI SMA Negeri 3 Bengkayang Kabupaten Bengkayang
Tahun Ajaran 2019/2020.
Kesimpulan dari penelitian 1. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model
pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw, standar deviasi 6,281 Nilai ratarata
post-test
hasil
belajar
siswa
63,83
dikategorikan
cukup.
2.
Hasil
belajar
siswa
sesudah
diterapkan
model
pembelajaran
cooperative
learning
tipe
jigsaw,
standar
deviasi
5,453 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 80,58 hasil belajar
siswa kelas eksperimen dikategorikan baik. 3. Terdapat pengaruh model
cooperative learning tipe jigsaw, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar
4,012 jika dibandingkan dengan t tabel pada nilai kritis, Jadi t
o
> t
5% = 4,012
> 1,711.
t
o
> t
t
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | IKIP PGRI Pontianak |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:08 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/671 |