Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII D SMP KOPERASI PONTIANAK

DEVI, OCTAVIANA (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII D SMP KOPERASI PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI edit.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI edit.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI

Penelitian ini berjudulUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Buzz Group Pada Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII D SMP Koperasi Pontianak. Sub-sub masalah antara lain: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII D SMP Koperasi Pontianak? 2) Bagaimanakah pelaksanaan metode buzz group pada pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII D SMP Koperasi Pontianak? 3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode buzz group pada pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII D SMP Koperasi Pontianak?
Penelitianinimenggunakanmetode Tindakan, dengan bentuk penelitian tindakan kelas.Teknikpengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, teknik observasi langsung dan teknik studi dokumenter. Alatpengumpul data yang digunakanadalahtes, panduan observasidokumentasi. Teknikanalisis data dalampenelitianiniadalahdata kuantitatif menggunakan statistik dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal atau pra tindakan, nilai tes setelah siklus 1, nilai tes setelah siklus 2 dan seterusnya. Sedangkan data kualitatif hasil observasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif dari pelaksanaan metodeBuzz Group.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data, pelaksanaan metode Buzz Groupterjadi dengan sangat baik. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata nilai siswa pada saat pratindakan adalah 65,42 dengan ketuntasan 22,85%, kemudian dilakukan siklus I diperoleh rata-rata 73,71, dengan ketuntasan sebesar 51,42%, kemudian dilakukan siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 82,85 dengan ketuntasan 82,85% dinyatakan berhasil. Secara umum dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Buzz Groupdi kelasVIII D SMP Koperasi Pontianak. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan nilai, rata-rata nilai siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan.Hasil tersebut secara keseluruhan dinyatakan berhasil.
Saran yang dapat diajukan dalam proses belajar sebagai berikut: 1) metode Buzz Grouppada mata pelajaran IPS Terpadu hasilnya sangat baik, sehingga untuk selanjutnya dapat menjadi alternatif metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kedepannya. 2) Dalam proses pembelajaran, hendaknya guru dapat mengatur alokasi waktu dengan baik agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif. 3) Saat proses pembelajaran hendaknya guru mengawasi dan memberikan perhatian secara menyeluruh kepada siswa yang ada di kelas.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Buzz Group

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: IKIP PGRI Pontianak
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:09
Last Modified: 18 Sep 2020 08:09
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item