Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAHAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU

EUGENEUS, ELTAD (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAHAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (251kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (273kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (498kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (417kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Beduai Kabupaten Sanggau.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu:
Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek
penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII B. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang
digunkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data
dikumpulkan dengan tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik
analisis kualitatif dan statistika deskriftif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal
tersebut ditandai adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I adalah
62,5%, siklus II adalah 84,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah:(1) melalui
model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa menjadi lebih aktif dan
bersemangat dalam mengikuti pelajaran, hal ini juga terlihat dari penilaian
aktivitas siswa yang semakin meningkat dari siklus ke siklus, (2) prestasi belajar
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share menunjukkan
kemajuan yang signifikan, secara keseluruhan siswa yang telah mencapai skor
ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 27 siswa dari 32 siswa atau
84,3%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:11
Last Modified: 04 Nov 2016 08:11
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item
View Item