Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI I SELIMBAU KABUPATEN KAPUAS HULU

SA’ANIAH, IKIP (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI I SELIMBAU KABUPATEN KAPUAS HULU. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (291kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (393kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (492kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (486kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (377kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Dengan Menggunakan Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah
Kelas XI SMA Negeri I Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Rumusan Masalah
Penelitian: Apakah ada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri I
Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu, dan sub masalah penelitiannya adalah; 1)
Bagaimanakah pelaksanaan metode cooperative script pada mata pelajaran
sejarah kelas XI SMA Negeri I Selimbau 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa
sesudah pelaksanaan metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas
XI SMA Negeri I Selimbau3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa
melalui metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA
Negeri I Selimbau
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan dan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (kolaboratif).
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Selimbau
sebanyak 34 siswa dan 1 orang guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah a) Teknik observasi langsung, b) Teknik Pengukuran, c)
Teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi,
tes hasil belajar, dan dokumentsi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Pelaksanaan
pembelajaran sejarah pada pra tindakan sebelum menggunakan metode
cooperative script hanya memperoleh nilai 66,47. 2) Hasil belajar siswa pada
siklus I dengan menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran
sejarah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri I
Selimbau walaupun belum maksima hanya memperoleh nilai 74,41. 3)
Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode cooperative script pada mata
pelajaran sejarah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA
Negeri I Selimbau hanya memperoleh nilai 83,08.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 102 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2016 20:39
Last Modified: 02 Oct 2016 20:39
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item
View Item