Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI METODE PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII B SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA SINAR KASIH NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

REKSI, TOLA UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI METODE PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII B SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA SINAR KASIH NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of BAB I TOLA.pdf] Text
BAB I TOLA.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of BAB II TOLA.pdf] Text
BAB II TOLA.pdf - Published Version

Download (446kB)
[thumbnail of BAB III TOLA.pdf] Text
BAB III TOLA.pdf - Published Version

Download (318kB)
[thumbnail of BAB IV TOLA.pdf] Text
BAB IV TOLA.pdf - Published Version

Download (444kB)
[thumbnail of BAB V TOLA.pdf] Text
BAB V TOLA.pdf - Published Version

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN
BOLA BASKET MELALUI METODE PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA
KELAS VIII B SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA SINAR
KASIH NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI
Tola Reksi
NIM : 411810136
Program Studi Pendidikan Jasmani IKIP PGRI Pontianak
Jalan Ampera No. 88 Pontianak 78116
Email: tolareksi64@gmail.com
Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar
chest pass dalam permainan Bola Basket melalui Pendekatan Bermain. Metode
yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tinadakan
kelas (PTK). Subyek penelitiannya siswa kelas VIII SMP Swasta sinar kasih
nanga pinoh kabupaten Melawi yang terdiri dari 25 siswa putri dan 10 siswa
putra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran
sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi dan bentuk tes.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa melalui metode pendekatan bermain
dapat meningkatkan kemampuan chest passdarites yang diberikan, yaitunilai rata�rata sebelum menggunakan pendekatan bermain yaitu 31,42% tuntas dan 68,44 %
belum tuntas, setelah menggunakan pendekatan bermain pada siklus I hasil belajar
meningkat menjadi 82,85% siswa yang tuntas dan 18% siswa belum tuntas, pada
siklus II dengan perlakuan yang sama terjadi peningkatan menjadi 70% siswa
yang tuntas dan hanya tersisa20 % siswa yang belum tuntas. Artinya bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar chest pass bola basket dengan menggunakan
pendekatan bermain.
Kata Kunci: pembelajaran bola basket, pendekatan bermain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Tesis
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 30 May 2024 07:13
Last Modified: 30 May 2024 07:13
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item
View Item