Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 TOHO

GRASSELA, MONICA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 TOHO. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (397kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)

Abstract

Kemampuan menulis teks eksplanasi masih rendah. Penelitian ini bertujuan yakni: untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan tipe stad
dipadukan dengan video animasi pada siswa kelas XI Ips 1 di SMA Negeri 1 Toho. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) peneliti berkolaborasi dengan guru melalui rangkaian dalam proses pembelajaran didalam kelas secara efektif dan efesien untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelakasanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Ips 1 SMA Negeri 1 Toho yang berjumlah 29 siswa dan guru Bahasa Indonesia. Alat pengumpul data yang digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik
deskriptif komparatif, dan Teknik analisis kritis. Hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi pra siklus nilai rata-rata 68,75%, siklus I yaitu 70,72% san siklus II yaitu 79,55%. Jadi kesimpulan pada penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan menulis teks eksplanasi dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:15
Last Modified: 06 Mar 2024 08:15
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item
View Item