Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 06 MENUKUNG

SARI, JELPA KURNILA (2024) PENINGKATAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 06 MENUKUNG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (374kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (463kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (494kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (692kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (582kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa kelas VIII SMPN 06 Menukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Teori analisis data membandingkan hasil sebelum penelitian dengan hasil akhir setiap siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model Think Talk Write pada siswa kelas VIII SMPN 06 Menukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model Think Talk Write dapat meningkat hasil belajar membaca teks berita, Dari hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar menulis teks berita yang dilakukan oleh siswa meningkat. Di kondisi awal Pada pra tindakan nilai observasi guru yaitu 65% dan nilai observasi siswa 62,5%. Pada siklus I nilai observasi guru yaitu 66,25% dan nilai observasi siswa 63,88%. Pada siklus II nilai observasi guru yaitu 85% dan nilai observasi siswa 85,7%.

Kata Kunci: teks berita, think talk write

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:21
Last Modified: 05 Mar 2024 08:21
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item
View Item