Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS X SMA NEGERI 1 EMBALOH HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU

HARIYADI, RIKKI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS X SMA NEGERI 1 EMBALOH HILIR KABUPATEN KAPUAS HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI RIKKI.pdf] Text
ABSTRAK & RINGKASAN SKRIPSI RIKKI.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of BAB I RIKKI.pdf] Text
BAB I RIKKI.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of BAB II RIKKI.pdf] Text
BAB II RIKKI.pdf - Published Version

Download (233kB)
[thumbnail of BAB III RIKKI.pdf] Text
BAB III RIKKI.pdf - Published Version

Download (304kB)
[thumbnail of BAB IV RIKKI.pdf] Text
BAB IV RIKKI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB V RIKKI.pdf] Text
BAB V RIKKI.pdf - Published Version

Download (84kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA RIKKI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA RIKKI.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian dan pengembangan sehingga menghasilkan produk serta mengetahui bagaimana kelayakan dalam pengembangan produk tersebut. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar modul yaitu bahan ajar geografi berbasis pendidikan karakter pada materi lingkungan hidup. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah menentukan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Dalam penelitian ini subjek uji coba yaitu siswa SMA Negeri 1 Embaloh Hlir Kabupaten Kapuas Hulu yang berada dikelas X dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model menurut Borg and Gall dengan langkah-langkah penelitian dan pengembangan melalui 4 tahapan atau yang disebut dengan model 4-D yang
telah dimodifikasi menjadi model 3-D yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan dengan langkah tahapan tanpa melakukan tahap akhir yaitu tahap penyebaran (dissemination). Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa validasi ahli materi dan media serta angket respon siswa untuk mengetahui kelayakan bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa modul dengan memperoleh tingkat kelayakan dari ahli materi sebesar 80%, ahli media
sebesar 78% dan respon siswa sebesar 83%.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Pendidikan Karakter, Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:02
Last Modified: 27 Feb 2024 08:02
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2307

Actions (login required)

View Item
View Item