Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX SMP NEGERI 1 BALAI KABUPATEN SANGGAU

FITRI, EVA (2024) ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX SMP NEGERI 1 BALAI KABUPATEN SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (384kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (353kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Gaya mengajar terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu di kelas IX SMP Negeri 1 Balai kelas pasif, Mengetahui minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1balai pada pembelajaran IPS Terpadu pada kelas aktif. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan keadaan/fakta yang terjadi sesuai dengan kenyataan untuk memperoleh informasi menegenai gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPS Terpadu melalui teknik dan pengumpulan
data antara lain lembar observasi, panduan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan yaitu Gaya mengajar guru yang bahwa kurangnya keaktifan atau pasifnya siswa dalam pembelajaran IPS disebabkan oleh gaya mengajar guru yang tidak bervariasi atau menoton. minat kelas IX E yang berjumlah 22 orang banyak sebagiannya yang terbilang siswa pasif ini dengan alasan berdasarkan hasil wawancara siswa membuktikan yang rendah pada kelas pasif adalah pada saat di tanya apakah menyimak materi pembelajaran yang guru sampaikan hanya sebagian siswa saja yang menyimak, lalu siswa tidak antusias dalam mengemukakan pendapat dan berbicara di depan kelas, serta kurang menunjukkan perasaan senang terhadap pembelajaran berlangsung lihat dari kegaduhan kelas yang terjadi dengan kesibukan yang siswa kerjakan serta kurangnya menanggapi penjelasan guru.

Kata kunci: gaya mengajar, minat belajar pembelajaran IPS Terpadu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:02
Last Modified: 27 Feb 2024 08:02
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item
View Item