Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA SHALOM BENGKAYANG

NELSI, NELSI (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA SHALOM BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK .pdf] Text
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of BAB 1 .pdf] Text
BAB 1 .pdf - Published Version

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf - Published Version

Download (287kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian dan mengetahui terdapat pengaruh model kooperatif tipe ARCS(attention, relevance, confidence, satisfaction) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x. adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui rata-rata minat belajar siswa pada kelas kontrol. 2) untuk mengetahui rata-rata minat belajar siswa pada kelas eksperimen. 3) untuk mengetahui apakan ada perbedaan minat
belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk model ARCS. Bentuk penelitian quasy experimental design, teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi dan observasi langsung dengan alat pengumpul data berupa angket
dan dokumentasi. Populasi adalah siswa kelas X dengan sampel sebanyak 56 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus mean(rata-rata) dan Uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata nilai minat belajar siswa kelas kontrol 66,46 dan untuk kelas kontrol dikategorikan cukup memuaskan yang banyak diperoleh dengan nilai sebesar 64%. 2) rata-rata nilai minat belajar siswa kelas eksperimen 76,11 danuntuk kelas eksperimen dikategorikan memuaskan yang banyak
diperoleh dengan nilaisebesar 61%. 3) perbedaan diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilihat dari nilai p value 0,000013 kurang dari 0,05. Jadi ada perbedaan di anatar kedua kelas dengan hipotesis yang signifikan.

Kata kunci: Model Kooperatif Tipe ARCS, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:02
Last Modified: 27 Feb 2024 08:02
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item
View Item