Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PADA BOLA VOLI MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI AKL 1 SMK N 1 SANGGAU

SILLA, KRISTINA MERRY (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PADA BOLA VOLI MELALUI METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI AKL 1 SMK N 1 SANGGAU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (391kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (407kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB)

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar servis atas pada bola voli melalui metode Team Games Tournament ( TGT) Pada siswa kelas XI AKL SMK N 1 Sanggau? Sub masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran servis atas pada bola voli melalui metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran servis atas pada bola voli melalui Metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau? Apakah terdapat peningkatkan hasil belajar servis
atas pada bola voli melalui Metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau?
Tujuan umum untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis atas pada bola voli melalui metode Team Games Tournament (TGT) Pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau. . Tujuan khusus untuk mengetahui perencanaan pembelajaran servis atas pada bola voli melalui metode Team Games Tournament pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau. Untuk mengetahui Pelaksanaan pembelajaran servis atas pada bola voli melalui Metode Team Games Tournament pada Siswa Kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau. Untuk mengetahui terjadinya
peningkatkan hasil belajar servis atas pada bola voli melalui Metode Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau.
Variabel penelitian adalah variabel masalah dan variabel tindakan, variabel masalah adalah servis atas pada bola voli sedangkan variabel tindakan adalah melalui metode Team Games Tournament. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu: “melalui metode Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang tediri dari perencanaan, pelaksanaan, obsrervasi, refleksi dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 1 SMK N 1 Sanggau yang berjumlah 32 orang siswa.
Hasil penelitian peningkatan hasil belajar servis atas pada bola voli melalui metode Team Games Tournament diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang di kenal dengan “Pra Siklus”. Dari tes pra siklus terlihat siswa masih sangat kurang dalam ketermpilan servis atas terdapat 21 siswa pada kategori belum tuntas atau 65,62%, kemudian pada kategori tuntas sebanyak 11 siswa atau 34,37% dari 32 siswa. Siklus I setelah menggunakan metode Team Games Tournament, pada siklus I memiliki kategori ketuntasan sebanyak 16 siswa atau 50%, pada kategori tidak tuntas terdapat 16 siswa atau 50%. Sedangkan berdasarkan siklus II dapat dilihat pada gambar
terlampir dari 32 siswa yang memiliki kategori tidak tuntas sebanyak7 siswa atau 21,87% kemudian pada kategori tuntas terdapat 25 siswa atau 78,12%.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas XI AKL 1 SMK N1 Sanggau. Analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan di BAB IV, maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode Team Games Tournament terbukti dapat meningkatkan hasil belajar servis atas pada bola voli cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan ada nya peningkatan disetiap siklusnya, pada presentase nilai pra siklus sebesar 34,37%, pada siklus 1 meningkat menjadi 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,12%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:20
Last Modified: 12 Feb 2024 08:20
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item
View Item