Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SIMPANG HILIR TELUK MELANO KABUPATEN KAYONG UTARA

EMELDA, OKTA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SIMPANG HILIR TELUK MELANO KABUPATEN KAYONG UTARA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (413kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (248kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaan secara lisan sebagai proses komunikasi kepada orang lain. Dalam pembelajaran berbicara diterapkan model pembelajaran jigsaw. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung, studi dokumenter, dan dokumentasi. Alat Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama proses pembelajaran keterampilan berbicara pada materi teks drama kelas VIII A SMP Negeri 1 Simpang Hilir, yang kedua hasil pembelajaran materi pada teks drama kelas VIII A SMP Negeri 1 Simpang Hilir. Proses pembelajaran jigsaw, dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada kelas VIII A dilakukan dalam 2 siklus, hal ini dilihat dari hasil observasi guru dan siswa pada setiap siklus, hasil observasi guru pada siklus I yaitu 65.62% ,dan hasil observasi guru pada siklus II meningkat menjadi 85,93. Hasil observasi siswa pada siklus 1 yaitu 61,37, sedangkan hasil observasi siswa pada siklus II meningkat menjadi 73,41. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa pada materi teks drama dengan menggunakan model jigsaw sangatlah efektif, karena dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran berbicara. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 70,54% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,84%

Kata kunci: Meningkatkan,keterampilan berbicara,model jigsaw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:25
Last Modified: 05 Jan 2024 07:25
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item
View Item