Adisty, Aviona (2023) PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI KOMPONEN SISTEM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB 1.pdf - Published Version
Download (401kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (347kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (298kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (73kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi komponen sistem komputer yang menggunakan metode giving quetion and getting answer, (2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem komputer yang menggunakan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan metode giving question and getting answer dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi komponen sistem komputer di kelas VIII SMP Negeri 1 ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Post-Test Only Control Design. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang yang berjumlah 236 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas, terdiri dari satu kelas kontrol (VIII A) dan satu kelas eksperimen (VIII C). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik pengukuran, dengan alat pengumpul data berupa soal tes. Sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan rumus-rumus mean(rata-rata), chi kuadrat uji”t”. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui pengolahan dan analisis data : 1) Rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran giving question and getting answer tergolong sangat baik terdapat
peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 82,83 dan standar deviasi 5,36. 2) Rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran konvensional tergolong baik, diperoleh hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 69,81 dan standar deviasi 6,81. 3) setelah diadakan pengujian dua pihak dengan menggunakan uji t diperoleh thitung>ttabel atau 8,316>2,001 maka ho ditolak, yang berarti Ha diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Model Giving Question and Getting Answer
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 07:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 07:16 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/2124 |