Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN PADA MATERI JENIS -JENIS BATUAN DI KELAS VII SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG

JURAIDA, IKIP (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN PADA MATERI JENIS -JENIS BATUAN DI KELAS VII SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Accepted Version

Download (118kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.PDF - Accepted Version

Download (273kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (278kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (407kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (507kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul:“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan Pada Materi Jenis-Jenis Batuan
di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siding Kabupaten
Bengkayang”. Masalah umum pada penelitian ini adalah “Apakah melalui
pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dapat Meningkatkan Hasil
Belajar siswa pada Materi Jenis-Jenis Batuan di Kelas VII Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Siding Kabupaten Bengkayang”. Masalah khususnya adalah
sebagai berikut : 1) Bagaimanakah Penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe
Bertukar Pasangan pada materi Jenis-Jenis Batuan di Kelas VII Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Siding ? 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa Kelas
VII Sekolah Menengah Pertama-Negeri 1 Siding Kabupaten Bengkayang pada
materi Jenis-Jenis Batuan melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar
Pasangan ?.sedangkan Variabel hasil adalah hasil belajar siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research)
dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Siding dengan jumlah 14 orang siswa, terdiri dari 3 siswa
laki-laki dan 11 siswa perempuan. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus,
meliputi empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan
tindakan (acting), tahap observasi (observing) dan refleksi (reflecting).Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan teknis analisis pendekatan kualitatif sebagai
yang utama dan didukung dengan pendekatan kuantitatif
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka secara umum dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelaksanaan pra tindakan,
siklus I dan siklus II. Adapun hasil belajar pra tindakan terdapat 6 siswa yang
mencapai ketuntasan dan 8 siswa yang belum mencapai ketuntasan dengan nilai
tertinggi 80 dan nilai terendah adalah 50. Adapun nilai rata-rata kelas pada pra
tindakan adalah 65,35 dan ketuntasan belajarnya adalah 42,85%. Evaluasi belajar
pada siklus I terdapat 10 siswa yang mencapai ketuntasan dan 4 siswa yang belum
mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah adalah 55, nilai
rata-rata kelas pada siklus I adalah sebesar 74,28 dengan persentase ketuntasan
kelas mencapai 71,42%. Sedangkan pada siklus II hasil evaluasi belajar siswa
menunjukan 12 siswa yang mencapai ketuntasan dan 2 siswa yang belum
mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah adalah 60, nilai
rata-rata kelas pada siklus II adalah 79,28 dan persentase ketuntasan kelas
mencapai 85,71%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:29
Last Modified: 25 Aug 2016 02:29
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item