Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASKES SEKOLAH TINGKAT DASAR SE-KECAMATAN TUJUH BELAS

TARLINA, TARLINA (2023) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASKES SEKOLAH TINGKAT DASAR SE-KECAMATAN TUJUH BELAS. Masters thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (17kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (100kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (389kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (27kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi guru dan motivasi siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes di Sekolah Dasar di Kecamatan Tujuh Belas. Populasi penelitian ini adalah guru
PJOK di Sekolah Dasar di Kecamatan Tujuh Belas yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional (Correlational Studies). Data tentang kompetensi guru, motivasi siswa
dikumpulkan melalui pengisian angket oleh guru Penjaskes sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai raport semester 2. Angket yang digunakan telah dilakukan validasi ahli serta diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data yang dugunakan adalah uji korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada hipotesis I, terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. Hipotesis II terdapat hubungan signifikan yang kuat antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa dengan menunjukkan nilai
signifikansi 0,035 < 0,05. Pada hipotesis III terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara kompetensi guru dan motivasi dengan l hasil belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi F Change sebesar 0,036 < 0,05. Simpulannya menunjukkan bahwa kompetensi guru dan motivasi memiliki hubungan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kompetensi Guru, Motivasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Divisions: Fakultas Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan > (S2) Pendidikan Jasmani
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:40
Last Modified: 22 Sep 2023 08:40
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item
View Item