Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 12 PONTIANAK

SARAY, SARI OKTAVIANI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER DALAM PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 12 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (392kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (463kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengebangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dalam Pembelajaran Kearifan Lokal Di SMP Negeri 12 Pontianak“. Sub fokus masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana Kevalidan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dalam Pembelajaran Kearifan Lokal di SMP Negeri 12 Pontianak? (2) Bagaimana Kepraktisan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dalam Pembelajaran Kearifan Lokal di SMP Negeri 12 Pontianak?.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui Kevalidan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dalam Pembelajaran Kearifan Lokal di SMP Negeri 12 Pontianak. (2) Mengetahui Kepraktisan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Dalam Pembelajaran Kearifan Lokal di SMP Negeri 12 Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau research dan development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Analysis merupakan tahap pertama dalam pengembangan yaitu berupa analisis kebutuhan dan analisis konten atau isi untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di sekolah dan memberikan solusi yang tepat. Design merupakan tahap kedua dalam pengembangan yaitu perancangan produk sesuai dengan kebutuhan analisis yang dirancang dengan menggunakan storyboard pada media yang akan dikembangkan. Development merupakan tahap ketiga dalam pengembangan yang telah ditentukan dan dibuat dengan memanfaatkan aplikasi flipbook dan heyzine flipbook akan dilakukan pengujian oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan.
Implementation merupakan tahap keempat dalam pengembangan untuk mengujicobakan produk yang sudah jadi kepada peserta didik SMP Negeri 12 Pontianak untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media yang dikembangkan. Evaluation merupakan tahap terakhir yang dilakukan dalam pengembangan untuk
menilai apakah setiap tahap sudah sesuai dengan spesifikasi atau belum dan tahap evaluasi menghitung kevalidan dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil pengembangan e-modul berbasis flipbook maker dalam pembelajaran kearifan lokal mendapatkan hasil dari sembilan validator yaitu validasi tiga ahli media mendapakan hasil 92,88% dengan kategori Sangat Valid, validasi tiga ahli bahasa mendapatkan hasil 90,66% dengan kategori Sangat Valid, dan validasi tiga ahli materi mendapatkan hasil 91,11% dengan kategori Sangat Valid. Dari nilai tersebut dapat diperoleh dengan total presentase keseluruhan dari sembilan validator adalah 91,66% dengan kategori Sangat Valid, hasil pembahasan tersebut untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu kevalidan dalam pengembangan media. Rumusan yang kedua mengetahui kepraktisan dapat dihitung dari angket respon peserta didik dan guru mendapatkan nilai 93,74% dengan kategori Sangat Praktis dihitung dari banyaknya angket yang diberi kepada peserta didik dan guru.
Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran projek penguat profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal, sehingga pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat menarik perhatian peserta didik untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca maupun peneliti dengan menggunakan media e-modul berbasis flipbook maker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:23
Last Modified: 18 Sep 2023 08:23
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item
View Item