Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 01 SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG

PIANI, FRANSISKA (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 01 SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (147kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (235kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (101kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (298kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Analisis Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Hasil belajar merupakan
gambaran tentang bagaimana siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru, Output nilai yang didapat siswa bisa berupa nilai atau angka dari hasil belajar yang diterima saat pembelajaran melalui sebuah tes atau ujian yang disampaikan guru. Dari hasil belajar tersebut guru dapat melihat seberapa jauh siswa memahami materi yang dipelajari. Keberhasilan setiap siswa berbeda-beda dalam mencapai hasil belajar. Ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi hasil
belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti minat, motivasi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti lingkungan keluarga, masyarakat, pergaulan, fasilitas belajar, keadaan sosial ekonomi keluarga dan sebagainya.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sebagian besar nilai siswa sudah memenuhi KKM. Siswa yang memperoleh nilai tinggi adalah siswa yang menyimak dan antusias dalam proses pembelajaran. Sedangkan siswa yang yang nilainya termasuk kedalam kategori rendah merupakan siswa yang tidak semangat
mengikuti proses belajar didalam kelas dan merasa bosan dengan metode yang diterapkan guru saat mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 31 Aug 2023 08:42
Last Modified: 31 Aug 2023 08:42
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item
View Item