PIANI, FRANSISKA (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 01 SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
![[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (147kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (164kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (235kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Download (101kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (298kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://digilib.ikippgriptk.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB)
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Analisis Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 01 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Hasil belajar merupakan
gambaran tentang bagaimana siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru, Output nilai yang didapat siswa bisa berupa nilai atau angka dari hasil belajar yang diterima saat pembelajaran melalui sebuah tes atau ujian yang disampaikan guru. Dari hasil belajar tersebut guru dapat melihat seberapa jauh siswa memahami materi yang dipelajari. Keberhasilan setiap siswa berbeda-beda dalam mencapai hasil belajar. Ada faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi hasil
belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti minat, motivasi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti lingkungan keluarga, masyarakat, pergaulan, fasilitas belajar, keadaan sosial ekonomi keluarga dan sebagainya.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sebagian besar nilai siswa sudah memenuhi KKM. Siswa yang memperoleh nilai tinggi adalah siswa yang menyimak dan antusias dalam proses pembelajaran. Sedangkan siswa yang yang nilainya termasuk kedalam kategori rendah merupakan siswa yang tidak semangat
mengikuti proses belajar didalam kelas dan merasa bosan dengan metode yang diterapkan guru saat mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 08:42 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 08:42 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1831 |