Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS VII SMP NEGERI 1 SADANIANG

SUVIANA, SUVIANA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS VII SMP NEGERI 1 SADANIANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (361kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (494kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui media pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar siswa dikelas VII SMP NEGERI 1 Sadaniang, (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dikelas VII
SMP NEGERI 1 Sadaniang, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dikelas VII SMP NEGERI 1 Sadaniang, (4) mengetahui pengaruh media pembelajaran secara bersama-sama dan motivasi terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP NEGERI 1 Sadaniang. Merode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan melakukan Analisis Deskriptif terhadap variabel bebas (X) dan terikat (Y) dengan menggunakan analisis Regresi ganda. Hasil pengujian data diperoleh hasil 53,85% dan motivasi belajar pada siswa 65,38% dikategorikan “Tinggi”. Pengujian hipotesis (1) Nilai t hitung sebesar (2,864) dan nilai t tabel sebesar (2,009) pada taraf signifikansi 0,05, atau t
hitung > t tabel. Dengan demikian maka, Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Nilai t hitung sebesar (2,437) dan nilai t tabel sebesar (2,009) pada taraf signifikansi 0,05, atau t hitung > t tabel. Dengan demikian maka, Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Hasil uji koefisien regresi secara bersama-sama menggunakan uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 18,689 dan nilai F tabel (df1 n 50) sebesar 4,034 (taraf 95%) didapat nilai F hitung lebih besar daripada F tabel yaitu 18,689 > 4,034. Sehingga secara keseluruhan kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh media pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP
Negeri 1 Sadaniang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:31
Last Modified: 24 Aug 2023 08:31
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item
View Item