Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

ANALISIS PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS VIII SMP NEGERI 01 SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH

AUDIA, LIA (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN IPS TERPADU DALAM KURIKULUM 2013 DI KELAS VIII SMP NEGERI 01 SEGEDONG KABUPATEN MEMPAWAH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (150kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (96kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pembelajaran IPS Terpadu Dalam Kurikulum 2013 di Kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah”, dengan fokus skripsi ini adalah Bagaimana Analisis Pembelajaran IPS Terpadu Dalam Kurikulum 2013 di Kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah. Adapun fokus dalam skripsi ini diperjelas kedalam
pernyataan penelitian adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana perencanaan pemebelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 di Kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah, 2) Bagaimana pembelajaaran IPS Terpadu yang menggunakan Kurikulum 2013 di kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah, 3) Apa saja hambatan guru dalam pembelajaran IPS Terpadu yang menggunakan kurikulum 2013 di Kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah.
Penelitian ini menggunakan metode penetian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru IPS Kelas, Wakakurikulum dan Siswa- siswi Kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong sekaligus tempat penelitian serta dokumen berupa : Silabus, RPP, perangkat pembelajaran
dan foto- foto (dokumentasi). Teknik penggumpulan data yang digunakkan adalah Teknik Observasi Langsung, Teknik Komunikasi Langsung, dan Studi Dokumenter dengan alat penggumpulan datanya adalah panduan observasi, paduan Wawancara dan Dokumentasi. Uji validitas data yang digunakkan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi teknik.Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Menarik
Kesimpulan atau Verivikasi.
Dari hasil penggolahan Data dapat disimpulkan bahwa : 1) Perencanaan pembelajaran IPS Terpadu dalam Kurikulum 2013 di Kelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah yaitu cukup baik. Guru IPS Terpadu memahami Permendibud tentang Kerangka Dasar dan Stuktur Kurikulum 2013 SMP, dan cukup baik memahami permendikbud tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 2) Pembelajaran IPS Terpadu yang menggunakan Kurikulum 2013 dikelas VIII SMP Negeri 01 Segedong Kabupaten Mempawah cukup baik seperti guru IPS sudah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan Guru terhadap Siswa, serta melakukan tindak lanjut dalam proses pemebelajaran. 3). Hambatan guru dalam pembelajaran IPS
Terpadu yang menggunakan Kurikulum 2013 di Kleas VIII Kabupaten Mempawah yaitu seperti menambah variasi buku atau buku paket untuk pendukung pengetahuan siswa di perpustakaan, menambah jumlah infokus bagi guru sehingga penggunaan infokus tidak lagi menjadi rebutan dan menjadi
motivasi guru untuk menyusun sumber belajar elektronik yang menyenangkan, dan guru harus sekali melakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa tidak bosan terhadap materi yang disampaikan.

Kata kunci: Pembelajaran IPS Terpadu, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:30
Last Modified: 24 Aug 2023 08:30
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item
View Item