Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

HUBUNGAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA DAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INSTRINSIK CERITA NARASI PADA SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUL MUHSININ PONTIANAK

NOPITA, ITA (2023) HUBUNGAN PENGUASAAN BAHASA INDONESIA DAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INSTRINSIK CERITA NARASI PADA SISWA KELAS VII MTs HIDAYATUL MUHSININ PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (134kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan Bahasa Indonesia dan keterampilan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi unsur instrinsik cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak. Penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas X1 Penguasaan Bahasa Indonesia, variabel bebas X2 Keterampilan Membaca dan variabel terikat Y Mengidentifikasi unsur instrinsik cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsini Pontianak yang teridir dari satu kelas dengan jumlah 26 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode
deskripsi statistik dengan bentuk penelitian studi korelasi. Teknik yang digunakan yaiti (1) Teknik Observasi Langsung (2) Teknik Pengukuran (3) Teknik Studi Dokumenter. Sedangkan alat yang digunakan adalah alat (1) angket, (2) tes, (3)
dokumentasi. Berdasarkan analisis perhitungan dalam penelitian ini yaitu pertama data Penguasaan Bahasa Indonesia berada pada kategori sangat baik dengan nilai
rata-rata 536. Kedua keterampilan membaca berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 495. Ketiga Mengidentifkasi unsur instrinsik cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak berada pada kategori baik 525. Sehingga dengan demikian terdapat hubungan penguasaan Bahasa Indonesia dan keterampilan membaca dengan kemampuan mengidentifikasi unsur instrinsik
cerita narasi pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Pontianak.

Kata Kunci: Hubungan, penguasaan Bahasa Indonesia, dan keterampilan membaca, dengan kemampuan mengidentifikasi unsur instrinsik cerita narasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:51
Last Modified: 23 Aug 2023 08:51
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item
View Item