OKTAVIA, QORIAH (2023) PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KOPERASI KOTA PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
Ringkasan Skripsi.pdf - Published Version
Download (121kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (251kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (160kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (186kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (415kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (11kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peran Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai
Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak”. Fokus penelitian ini adalah “Bagaimanakah menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak?”. Adapun masalah-masalah khusus
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak?, (2) Faktor-faktor apasajakah yang mempengaruhi peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak?, (3) Bagaimanakah strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai
kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak?.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak. Tujuan khusus yaitu sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP
Koperasi Kota Pontianak, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak, (3) Untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP
Koperasi Kota Pontianak.
Metode dan bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk deskriptif sedangkan sumber data dalam penelitian ini kepala sekolah SMP Koperasi Kota Pontianak, guru PPKn kelas VIII, dan siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan
Analisa data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar dan guru sebagai pembimbing. Faktor yang mempengaruhi peran guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan yaitu ada faktor intenal dan faktor eksternal: (1) Faktor internal yang mempengaruhi guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP
Kopeasi Kota Pontianak yaitu faktor bawaan, faktor kesadaran, minat dan motivasi dan faktor pola pikir. (2) Faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Koperasi Kota Pontianak yaitu sebagai berikut: (1) Membuat kontrak belajar dengan peserta didik, (2) Memberikan pengetahuan tentang nilai disiplin pada peserta didik, (3) Melakukan penilaian tentang sikap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 08:51 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 08:51 |
URI: | http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1776 |