Search for collections on Digilib IKIP PGRI PONTIANAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI KONDISI MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN KELAS VIII SMP NEGERI 16 PONTIANAK

ALATRI, FARHAN RAMADHAN MUHAMAD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI KONDISI MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN KELAS VIII SMP NEGERI 16 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (211kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (321kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengembangkan produk berupa media pembelajaranberbasis video animasi pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE, teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumenter, dengan alat pengumpulan data ialah wawancara, angket, dan dokumen. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil ahli media dengan nilai rata-rata persentase 92% dengan kategori “Sangat Layak”, dan berdasarkan ahli materi diperoleh skor rata-rata persentase 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil uji coba respon siswa dengan berjumlah 28 siswa mendapatkan perolehan skor rata-rata 80% dengan dikategorikan “Sangat Layak” digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran berbasis video animasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:06
Last Modified: 03 Aug 2023 06:06
URI: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item
View Item